Psikologi

Behaviorisme adalah salah satu aliran dalam psikologi yang didirikan oleh John B.Watson pada tahun 1931, yang kemudian digerakkan oleh Burhus Fredericc Skiner. Behaviorisme merupakan pendekatan yang objective dalam mempelajari manusia , berdasarkan pendekatan mekanistik dan materialistic.

Behaviorisme lahir  sebagai  reaksi terhadap jiwa manusia berdasarkan laporan subjective dan tentang alam bawah sadar yang tidak tampak.

Menurut kaum  behavioris seluruh perilaku manusia , kecuali insting merupakan hasil belajar, oleh karena itu kaum behavioris dikenal  dengan teori belajar.Pengertian belajar menurut  Rakhmat adalah perubahan perilaku organism sebagai pengaruh lingkungan.

Pandangan psikologi aliran behaviorisme       :

Pada dasarnya ketika manusia dilahirkan, manusia tidak membawa apa apa. Manusia akan berkembang berdasarkan stimulus yang diterimanya dalam lingkungan disekitarnya.

•           Keadaan lingkungan yang buruk akan menghasilkan manusia yang buruk pula , begitupun sebaliknya.

Pandangan seperti ini member penekanan yang sangat besar pada aspek stimulus lingkungan untuk mengembangkan manusia dan kurang menghargai factor bakat atau potensi alami manusia. Pandangan ini berangggapan bahwa “apapun jadinya seseorang, satu satunya yang menentukan adalah lingkungan”

Behaviorisme Menurut Pandangan  Skinner   :

“Kepribadian terutama adalah hasil dari sejarah penguatan pribadi individu . meskipun pembawaan genetis turut berperan, kekuatan – kekuatan sangat menentukan perilaku khusus yang terbentuk dan dipertahankan serta merupakan khas bagi individu yang bersangkutan”.

 

3 asumsi dasar behaviorisme menurut Skinner           :

1.         Perilaku itu terjadi karena menurut hukum

2.         Skinner menekankan bahwa perilaku dan kepribadian manusia tidak dapat dijelaskan dengan mekanisme psikis   seperti id atau ego.skinner menekankan bahwa  kondisi – kondisi social dan fisik di lingkungan kita sangat penting dalam menentukan perilaku.

3.         Perilaku manusia tidak ditentukan oleh pilihan individual. Perilaku manusia oleh skinner ditentukan oleh kejadian kejadian masa lalu dan sekarang, dalam dunia objective tempat dia mengambil bagian.

behaviorisme menurut pandangan Pavlov      :

hewan dan manusia pada dasarnya hanyalah terjadi dari jaringan – jaringan syaraf dan otot yang bereaksi secara tertentu juka diberi rangsangan tertentu. Dengan begitu perilaku manusia dapat dikendalikan.

Behaviorisme menurut pandangan Watson    :

Kepribadian manusia dapat dibetuk melalui pemberian rangsangan – rangsangan tertentu. Salah satu ucapan watsn yang terkenal adalah “berikan kepadaku selusin anak yang sehat, maka aku akan membuat mereka seperti yang aku kehendaki , yaitu menjadi dokter , pemberani , bahhkan menjadi penjaha atau pemalu”.

Watson berpendapat bahwa , hamper semua perilaku merupakan hasil dari pengondisian dan lingkungan membentuk perilaku kita , dengan memperkuat kebiasaan tertentu, respon yang terkondisikan dipandang sebagai unit perilaku terkecil yang tidak dapa dibagi lagi, suatu atom perilaku dari  tempat perilaku yang lebih rumit dapat dibangun.

Semua tipe perilaku kompleks yang berasal dari latihan atau pendidikan khusus , tidak berarti lebih dari rangkaian respon terkondisikan.

 

 

Kritik umum psikologi aliran behaviorisme    :

Kritik umum diarahkan pada pengingkaran terhadap potensi alami yang dimiliki manusia.  Menurut pandangan ini, manusia tidak memiliki jiwa , tak memiliki kemauan dan kebebasan untuk menentukan tingkah lakunya sendiri.

Para pendukung behaviorisme merasa penting mendiskusikan fenomena psikologi yang berawal dari stimulus dan berakhir dengan respons, yang mengahasilkan istilah “psikologi-stimulus-respons” (S – R)”

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Profil

  • Twitter

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya