Pengantar ilmu komunikasi

Pengantar Ilmu Komunikasi

 

Intra personal : komunikasi dengan diri sendiri.

Inter personal : berkomunikasi lebih dari 1 komunikan.

–          Suber pengirim, komunikator, source, sender, encoder.

–          Memegang peran penting

–          Mengendalikan jalannya komunikasi

–          Trampil, kaya ide, penuh daya kreatif

–          Sebagai pengambil inisiatif harus tahu :

–          Kesiapan dirinya

–          Pesan yang akan disampaikan

–          Hambatan yang akan menerima pesannya

–          Selain mengenal dirinya, komunikator juga :

–          Memiliki kepercayaan

–          Daya tarik

–          Kekuatan (power)

 

Credibility

  1. Diperoleh jika punya :

–          Karakter pribadi

–          Kemampuan mengendalikan emosi pendengar

–          Kekuatan berargumen

  1. Dapat bersumber dari

–          Kopentensi

–          Sikap dan tujuan

–          Kepribadian

–          Dinamika

 

Attractive (menarik)

–          Kesamaan

–          Dikenal baik

–          Disukai

–          Penampilan fisik

 

Power ( kekuatan/kekuasaan)

Pesan/isi informasi :

–          Sesuatu yang disampaikan pengirim ke penerima

–          Tatap muka/melalui media komunikasi

–          Isi : Ilmu, hiburan, informasi, nasehat, propaganda

–          Bhs Inggris : massage, conteat, information

–          Simbol : lambang yang memiliki objek

–          Kode : seperangkat symbol yang disusun secara sistematis dan teratur sehingga memiliki arti

–          Kode : verbal (bahasa) nonverbal (isyarat)

–          Fungsi kode nonverbal

–          Meyakinkan yang diucapkan

–          Menunjukan perasaan, emosi, jati diri

–          Melengkapi ucapan yang dirasa belum sempurna

–          Bersifat informative : perluasan wawasan, kesadaran

–          Bersikap persuasive : mengubah persepsi, sikap, pendapat

–          Pesan informative :

–          Proses bersifat peyebaran, sederhana, jelas, tidak banyak istilah

–          Banyak dilakukan dalam penulisan berita, artikel dengan model piramida terbalik

–          Menjawab 5W dan 1H

 

–          Pesan persuasive :

–          Mengubah persepsi, sikap, pendapat, (apa yang dikehendaki sumber terhadap penerima)

–          Beberapa cara :

–          Menimbulkan keakutan

–          Mengubah emosi

–          Menawarkan janji

–          Menumbuhkan internal

–          Pisikologis (motifasi)

–          Disertai humor

 

Media, saluran

–          Alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber ke penerima

–          Komunikasi antar pribadi : panca indra, telepon,surat, computer (e-mail), dll.

–          Komunikasi masa : cetak, elektronik

–          Komunikasi sosial : rumah ibadah, arisan, panggung kesenian, pesta rakyat, dll.

 

Efektifitas komunikasai bila tergantung sifat dan saluran media. Dan efektif bila semakin pribadi, semakin informal, semakin khusus.

 

Penerima pesan, khalayak

Bisa disebut juga sasaran, pembaca, pendengar, pemirsa, audience, receiver, decode, komunikan. Eleman yang penting dalam penerima pesan adalah sasaran komunikasi dan tugas komunkator mengenali khalayaknya.

–          Tiga aspek khalayak : sosiodemokratik, profil pisikologis, kraktristik prilaku

–          Derajt serap hanya beberapa faktor

–          Kesediaan menerima ide

–          Adanya kepentingan ganda yang dapat diperoleh kedua pihak

–          Pesan memberi pecahan masalah khalayak

–          Khalayak percaya kompetisi dan kridibilitas komunikatir tinggi

–          Khalayak percaya pesan dapat membawa perubahan seperti diinginkan khalayak

Pengaruh, efek komunikasi

–          Sering disebut tanggapan atau reaksi penerima pesan

–          Lekat pada unsur penerima

–          Perubahan yang terjadi pada khalayak sebagai akibat pesan komunikator

–          Dapat berupa : lisan, tulisan, tindakan, atau kombinasi

–          Penting untuk mengetahui berhasil tidaknya komunikasi

–          Sangat ditentukan : sumber, pesan, media, penerima

–          Faktor lain yang perlu mendapat perhatian (feedback)

 

Hambatan/gangguan komunikasi

Setiap orang berbeda (fisik, mental, emosional) persepsi dan sikap mereka terhadap pesan yang sama dapat berbeda.

Faktor penghambat komunukasi :

–          Salah penafsiran kata-kata

–          Perbedaan persepsi

–          Sikap, Opini dan Emosi yang tidak kondusif

–          Lingkungan tidak mendukung

–          Pemahaman informasi yang dibutuhkan

–          Bahasa pengantar yang digunakan

Bisa terjadi pada semua elemen komunikasi, gangguan bisa terjadi karena :

–          Gangguan teknis

–          Gangguan semantic

–          Gangguan psikologis

–          Hambatan fisik/organic

–          Hambatan status

–          Hambatan kerangka berfikir

–          Hambatan budaya

Adabeberapa fungsi dari komunikasi yaitu sebagai berikut :

  1. Fungsi Komunikasi Sosial yaitu sebagai komunikasi sosial dan setidaknya isyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep-konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang menghibur dan memupuk hubungan dengan orang lain atau bisa dibuat beradaptasi oleh masarakat sekitar. Manusia bekomunikasi sosial ini untuk membangun kehidupan dan untuk pembentukan persepi diri.
  2. Fungsi Komunikasi Ritual yaitu komunikasi yang dilakukan dengan konektif atau komunikasi yang dapat menggunakan simbolik-simbolik, contoh seperti berdoa (salat, sembayang, misa), membaca kitab suci, naik haji, upacara bendera (termasuk menyanyikan lagu kebangsaan), upacara wisuda, perayaan lebaran (Idul Fitri) atau natal, itu semua termasuk komunikasi ritual.
  3. Fungsi Komunikasi Ekspresif, dalam komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan sendiri maupun kemompok. Komunikasi Ekspresif tidak hanya untuk mempengaruhi seseorang, bisa juga untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi) kita. Perasaan tersebut disampaikan memalui komunikasi non verbal. Perasaan sayang, peduli, rindu, simpati, gembira, sedih, takut, prihatin, marah, dan benci dapat disampaikan lewat kata-kata, namun teruatama melalui perilaku nonverbal.
  4. Fungsi Komunikasi Instrumen mempunyai tujuan umum yaitu menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap, keyakinan, dan mengubah perilaku atau menggerakan tindakan, dan juga menghibur. Muatan tersebut mengandung persuasive dalam arti bahwa pembicara menginginkan pendengar mempercayai fakta atau yang di ungkapkan oleh pembicara. Secara tidak langsung memmbujuk khalayak untuk melupakan persoalan hidup mereka.

Menurut Abraham Maslow komunikasi itu menjadi kebutuhan yang paling dasar karena bila tidak ada komunikasi kita tidak dianggap melainkan tidak ada. Dan kebutuhan komunikasi tersebut antara lain seperti : fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan diri, aktualisasi diri.

 

Dalam mempertahankan diri,  memupuk hubungan, dan memperoleh kebahagiaan kita harus dapat berkomunikasi, entah itu komunikasi personal,intrapersonal,grop, dll.

  1. Menekankan (stresting) : Pesan non verbal yang fungsinya menonjolkan / menekan kebagian pesan verbal yang disampaikan oleh komunikator.
  2. Menggantikan (complement) / melengkapi : Pesan non verbal yang dipergunakan untuk menggantikan sebagai pesan verbal, menggantikan sebagai makna dari pesan verbal
  3. Menghubungi : Pesan non verbal yang berfungsi mengulangi pesan verbal yang disampaikan mengulangi tujuannya untuk mengingatkan kembali atas pesan tersebut.
  4. Contradiction : Pesan non verbal yang digunakan untuk menunjukan makna yang berbeda dari makna yang sebenarnya makna yang sebaliknya dan yang dimaknakan.
  5. Menggantikan : Pesan non verbal yang dipergunakan untuk menggantikan sebagian pesan verbal, misalnya anggukan kepala saat seseorang menyatakan ya / setuju.
  6. Mengatur : Pesan non verbal yang digunakan untuk mengatur / mengartikan suatu tindakan / perbuatan tertentu pada seseorang.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Profil

  • Twitter

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya